J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 6, No 3 (2025): OKTOBER

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION COMBINE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 7 SURAKARTA)

Nugroho, Yerikho Bagus (Unknown)
Hindrayani, Aniek (Unknown)
Nugroho, Jonet Ariyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih rendah. Saat pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL serta mengetahui model pembelajaran mana yang menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih baik antara model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL sehingga dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi skala prioritas dan biaya peluang. Penelitian ini merupakan quasi experimental research dengan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampelnya serta menggunakan metode tes sebagai teknik pengumpulan data. Untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis uji Independent sample t-test, pada hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansinya kurang dari taraf signifikansi sehingga diperoleh keputusan uji H0 ditolak. Kemudian diperoleh infomasi melalui uji N-Gain bahwa rata-rata N-Gain persen kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL serta model pembelajaran GI Combine TGT dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada model pembelajarn PBL pada materi skala prioritas dan biaya peluang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...