Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe StudentTeam Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan koneksi matematis dan konsep diri (selfconcept) siswa. Koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaranmatematika yang membantu siswa mengaitkan berbagai konsep dan menerapkannya dalamkehidupan sehari-hari. Di sisi lain, konsep diri (self-concept) siswa yang positif dapat memengaruhimotivasi dan kinerja belajar, khususnya dalam mata pelajaran yang menantang seperti matematika.Model STAD, yang mengutamakan kerja sama tim dan tanggung jawab individu dalam kelompok,diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika serta memperkuatkonsep diri (self-concept) mereka. Melalui desain eksperimen, penelitian ini melibatkan duakelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelompok kontroldengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar denganmodel STAD memiliki peningkatan yang signifikan dalam kemampuan koneksi matematis dankonsep diri (self-concept) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, modelpembelajaran kooperatif STAD terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran matematika yanglebih bermakna dan meningkatkan keterlibatan serta kepercayaan diri siswa dalam proses belajar.
Copyrights © 2025