Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari - Maret 2025

Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Negeri (Studi Multi Situs pada SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir di Kabupaten Kapuas)

Sopia, Sopia (Unknown)
Aslamiah, Aslamiah (Unknown)
Sulistiyana, Sulistiyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya manajemen kurikulum yang adaptif guna menghadapi tantangan global dan memastikan kualitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir, serta strategi monitoring dan evaluasi (monev) implementasi kurikulum di kedua sekolah tersebut.Pendekatan penelitian ini menggunakan metodse kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses analisis data mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dikumpulkan melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa, memanfaatkan potensi lokal, serta melibatkan masyarakat. Pengembangan kurikulum dirancang secara kolaboratif, mengutamakan inovasi berbasis proyek, pemanfaatan teknologi, dan penyusunan modul ajar yang relevan. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan melalui observasi, analisis hasil belajar siswa, dan umpan balik berbagai pihak untuk memastikan implementasi kurikulum tetap selaras dengan visi dan misi sekolah.Manajemen kurikulum di kedua sekolah tersebut dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua, dan komite sekolah untuk memenuhi kebutuhan siswa dan memanfaatkan potensi lokal. Monitoring dan evaluasi rutin berperan penting dalam memperbaiki implementasi kurikulum dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah diharapkan terus mendukung kolaborasi, guru meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, dan orang tua lebih aktif dalam mendukung perencanaan serta evaluasi kurikulum. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan melibatkan lebih banyak sekolah untuk mengeksplorasi tantangan dan keberhasilan implementasi kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...