Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 2 Pancor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian menggunakan Nonequivalent Only Control Group Design Pre-test-Poss-test. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN 2 Pancor berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi dan Tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 terdapat uji normalitas sebesar 0,376>0.05, uji homogenitas sebesar 0,506>0,05 dan uji hipotesis sebesar 0,334>0,05, maka dapat dikatakan bahwa HO diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil rata-rata penelitian pre-test kelas eksperimen sebesar 58,25 dan rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 64,65. Sedangkan hasil rata-rata poss-test kelas eksperimen sebesar 81,1 dan hasil rata-rata poss-test kelas kontrol sebesar 77,35. Berdasarkan data tersebut, maka penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 2 Pancor
Copyrights © 2025