Rendahnya kemampuan anak dalam menggunakan gunting secara tepat disebabkan oleh terbatasnya kesempatan latihan serta penggunaan jenis gunting yang kurang sesuai dengan tahapan usia dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas gunting pegas dalam meningkatkan kemampuan menggunting anak kelompok A TK Kurnia Putra Benjeng Gresik. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Kurnia Putra yang berjumlah 13 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II, yaitu kemampuan menggunting anak mencapai 88%, dibandingkan dengan siklus I sebesar 61% dan kondisi awal hanya 29%. Penggunaan gunting pegas terbukti efektif dalam memperbaiki posisi jari anak saat memegang gunting, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta mendukung ketepatan dan kerapian hasil guntingan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi guru PAUD untuk menggunakan gunting pegas sebagai strategi stimulasi keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting.
Copyrights © 2025