Konsep Merdeka Belajar merupakan kebijakan baru dalam dunia pendidikan nasional. Kurikulum Merdeka hadir untuk menyempurnakan kurikulum 2013. salah satu model unggulan yang diterapkan pada kurikulum Merdeka adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mendeskripsikan kajian mengenai penerapan model PjBL dalam kurikulum Merdeka di sekolah dasar beserta hambatan dan sousinya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari buku dan 40 artikel yang berkaitan dengan Merdeka Belajar dan penerapan model Project Based Learning (PjBL) di sekolah dasar. Informasi yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prinsip model PjBL sejalan dengan prinsip Merdeka Belajar. Namun pada praktiknya, penerapan model PjBL masih mengalami hambatan. Hambatan tersebut adalah: manajemen waktu yang kurang baik; guru dan siswa belum memahami konsep PjBL; kurangnya motivasi guru dan siswa; dan fasilitas belum memadai. Pada bagian akhir artikel, peneliti menyajikan alternatif solusi yang dapat dipertimbangkan lebih lanjut oleh guru, sekolah dan perancang kurikulum guna mengatasi masalah yang terjadi selama pelaksanaan PjBL di sekolah dasar.
Copyrights © 2023