Literasi menjadi kecakapan hidup yang menjadikan manusia berfungsi maksimal dalam masyarakat. Ruang lingkup pembelajaran pada kampus mengajar mencakup pembelajaran disemua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya mahasiswa kampus mengajar angkatan dua untuk meningkatkan literasi membaca siswa di satuan pendidikan tempat mahasiswa ditugaskan. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah mahasiswa, guru, kepala sekolah, dosen pembimbing lapangan, siswa dan wali murid. Penelitian dilakukan pada sekolah yang menjadi sasaran kampus mengajar sebanyak sepuluh sekolah di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya mahasiswa untuk meningkatkan literasi membaca siswa melalui upaya menumbuhkan kesadaran dalam membaca, pembimbingans secara intens, membudayakan membaca di kelas, pengoptimalan ruang perpustakaan, serta membimbing siswa melalui permainan literasi. Kesimpulan penelitin adalah Literasi bermanfaat bagi siswa untuk bekal kecakapan hidup siswa dan menjadi manusia yang berfungsi maksimal dalam masyarakat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023