Keterampilan menulis puisi termasuk ke dalam capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase C pada Kurikulum Merdeka. Keterampilan menulis puisi tidak dapat dikuasai secara spontan, namun membutuhkan latihan-latihan yang terstruktur. Untuk itu, pembelajaran menulis puisi harus dimaksimalkan dengan memperhatikan kebutuhan belajar siswa, salah satu caranya adalah dengan penggunakaan LKPD dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan LKPD khususnya pada konteks puisi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dokumen, wawancara dan angket analisis kebutuhan. Responden dan narasumber pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 5 SDN Cigoong 3 Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkannya pengembangan LKPD untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yang memuat aktivitas yang berbasis pada komponen Contextual Teaching and Learning (CTL), dengan desain rancangan LKPD yang berbentuk buku cetak berukuran A4, berwarna, memuat gambar ilustrasi. Selanjutnya hasil analisis kebutuhan ini akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan dan pengembangan produk LKPD, yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.
Copyrights © 2024