Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran siswa dalam bentukvideo animasi pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan tujuan untuk meningkatkanketerampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan tahapan awal dalammengembangkan video animasi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswapada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianmenggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang gurudan 64 orang siswa di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kota Pekanbaru ProvinsiRiau. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, wawancara, dan studidokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan metode skala likert danpenyajian data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran yang dijelaskan secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi untuk meningkatkan keterampilanpemecahanan masalah IPA pada siswa di sekolah dasar sangat dibutuhkan yang dapat terlihatdari hasil kuesioner peserta didik maupun hasil wawancara kepada guru.
Copyrights © 2024