Banyak studi membahas penggunaan teknologi dalam pendidikan atau pengaruh teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun jarang uraian dan pembahasan berkaitan dengan bagaimana kebijakan masuknya teknologi dalam tingkat institusi pendidikan khususnya dalam pelayanan pendidikan dan meningkatkan akses pendidikan bagi pelajar atau mahasiswa, termasuk stakeholder di dalamnya. Tujuan dari studi ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana persoalan dan tantangan kebijakan teknologisasi di Perguruan Tinggi. Tulisan ini akan membahas isu kebijakan teknologisasi dalam pendidikan, dan bagaimana persoalan dan tantangan pada era AI. Subyek dan Metode yang digunakan dalam studi ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian pustaka. adanya kebijakan teknologisasi di perguruan tinggi mengarahkan pada efisiensi dan efektivitas serta adanya standarisasi layanan akademik dan administrasi, serta kualitas pembelajaran yang lebih baik. pada era AI, kebijakan teknologisasi yang berkembang belum secara maksimal dapat mengendalikan dampak dari AI dalam mendorong budaya kritis dan analitik di kalangan civitas akademik, potensi yang dapat terjadi terdapat dua hal yaitu potensi positif dan negative yang dapat menjadi persoalan dan tantangan ke depan.
Copyrights © 2024