untuk mengevaluasi keefektifan media pembelajaran video animasi Toontastic berbasis Kooperatif-STAD pada topik keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas IV MIS Darul Hikmah. Model penelitian menggunakan pendekatan 4D (Four D Models) yang mencakup pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak, dinilai oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Uji coba pada guru wali dan siswa kelas IV juga menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran video animasi Toontastic ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 14 siswa dari kelas IV MIS Darul Hikmah, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran yang menggunakan video animasi berbasis Toontastic untuk tema 8 subtema 2 pembelajaran 4 di kelas IV SD. Maka hasil uji coba produk media pembelajaran yang dikembangkan dengan persentaseskor yang didapat adalah 85,71%termasuk kategori “sangat layak” karena termasuk kedalam kelas81%-100%. Hasil penelitian tentang pengembangan media pembelajaran menggunakan video animasi Toontastic pada materi keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari kelas IV Mis Darul Hikmah menyimpulkan bahwa peneliti berhasil menciptakan produk berupa video animasi Toontastic sebagai media pembelajaran yang mengikuti Model 4D (Four D Model) yang dianjurkan oleh Thiagarajan, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate).
Copyrights © 2024