Penelitian ini mengungkap tentang kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang ada di Sekolah Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. Kurikulum yang digunakan sekolah Islam terpadu berbasis tahfidz dan kitab kuning dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sejumlah perencanaan dan materi yang digunakan pengajar bagi para peserta didiknya di lingkungan sekolah. Disekolah ini, pembelajaran bahasa Arab dan pelajaran umum seimbang dalam pemberian materinya berupa sintaksis bahasa dan kajian keislaman dalam bentuk kitab kuning atau buku-buku berbahasa Arab tanpa baris, hal ini sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu berwawasan luas dan membudayakan kehidupan peserta didik yang dilandasi akhlak mulia. Disamping itu, sekolah ini juga menerapkan kurikulum tahun 2013 dan kurikulum merdeka belajar dari kementrian Agama untuk para peserta didiknya. Terkait dengan materi bahasa Arab, materi yang disajikan di kelompokkan dalam berbagai mata pelajaran seperti nahwu, sharaf, ta’lim al-muta’allim, tafsir, tarikh al-Islami dan lainnya. Metode yang digunakan para guru paling dominan adalah qowaid wa tarjamah juga metode lainnya yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Evaluasi yang digunakan adalah tes lisan dan tulisan. Adapun metode yang digunakan dalam mengkaji bahasan ini adalah studi kasus, dengan metode kualitatif deskriptif. Tujuannya untuk mendeskripsikan hasil temuan pustaka dari observasi, wawancara, artikel, buku dan dokumen lainnya. Kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan.
Copyrights © 2024