IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 10 No. 3 (2025): Volume 10 No 03 2025

Rancang Bangun Media Website Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kompetensi Front-End Web Siswa XI RPL SMKN Takeran

Kartika Mega Safitri (Unknown)
Rindu Puspita Wibawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berbasis LMS dengan model Project Based Learning guna meningkatkan kompetensi front-end programming siswa kelas XI RPL di SMKN Takeran. Untuk penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE.   Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, validasi angket ahli, dan post-test psikomotor pada 32 siswa.   Validitas instrumen, normalitas, homogenitas, T, dan determinasi merupakan semua komponen analisis data.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tingkat keberhasilan sebesar 84%, media edukasi DataLearn banyak digunakan.   RPP, 82% bahan ajar, dan isi evaluasi sebanyak 83% tervalidasi.   Meskipun secara statistik tidak signifikan (p > 0,05), temuan uji T menunjukkan nilai rata-rata proyek kelas eksperimen sebesar 85,38 dan kelas kontrol sebesar 76,88. Temuan ini menunjukkan bahwa LMS berbasis web dengan pendekatan PBL memiliki potensi besar dalam meningkatkan kompetensi siswa pada materi front-end web programming secara interaktif, fleksibel, dan mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...