Pesatnya perkembangan teknologi informasi memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berbasis LMS dengan model Project Based Learning guna meningkatkan kompetensi front-end programming siswa kelas XI RPL di SMKN Takeran. Untuk penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, validasi angket ahli, dan post-test psikomotor pada 32 siswa. Validitas instrumen, normalitas, homogenitas, T, dan determinasi merupakan semua komponen analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tingkat keberhasilan sebesar 84%, media edukasi DataLearn banyak digunakan. RPP, 82% bahan ajar, dan isi evaluasi sebanyak 83% tervalidasi. Meskipun secara statistik tidak signifikan (p > 0,05), temuan uji T menunjukkan nilai rata-rata proyek kelas eksperimen sebesar 85,38 dan kelas kontrol sebesar 76,88. Temuan ini menunjukkan bahwa LMS berbasis web dengan pendekatan PBL memiliki potensi besar dalam meningkatkan kompetensi siswa pada materi front-end web programming secara interaktif, fleksibel, dan mandiri.
Copyrights © 2025