Sinergi : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2025): Sinergi: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Pola Komunikasi Guru Dan Komite Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Terkait Kebijakan Dan Kegiatan di SD Kemala Bhayangkari 3 Jakarta Selatan

Azizah Nabila Isnainin (Unknown)
Yusmawati (Unknown)
Muherni Asri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

This research aims to describe the communication patterns between teachers and the school committee in the decision-making process related to policies and activities at SD Kemala Bhayangkari 3 Jakarta Selatan. An effective communication pattern between both parties is essential to establish strong collaboration in managing the school, particularly in formulating policies that are responsive to students’ and the school community’s needs. This study uses a descriptive qualitative approach, with data collected through in-depth interviews, observation, and documentation. Informants include teachers and school committee members directly involved in communication and decision-making processes. The findings indicate that the communication built is two-way, open, and participatory. Verbal, nonverbal, and secondary communication through digital media are used effectively to convey ideas and feedback. However, several challenges were identified, such as the dominance of one party's opinion and the lack of a structured communication system. Therefore, improving communication quality through regular evaluation and effective communication training is necessary. This study concludes that successful school decision-making is highly influenced by structured, transparent communication patterns that actively involve all stakeholders. Keywords: Communication Pattern, Teacher, School Committee, Decision Making, School Policy. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi antara guru dan komite sekolah dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan dan kegiatan di SD Kemala Bhayangkari 3 Jakarta Selatan. Pola komunikasi yang baik antara kedua pihak sangat penting untuk menciptakan kolaborasi yang efektif dalam pengelolaan sekolah, terutama dalam merumuskan kebijakan yang responsif terhadap kebutuhan siswa dan masyarakat sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari guru, ketua komite sekolah dan anggota komite sekolah yang terlibat langsung dalam proses komunikasi dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin bersifat dua arah, terbuka, dan partisipatif. Komunikasi verbal, nonverbal, serta media komunikasi sekunder seperti pesan digital digunakan secara efektif. Namun, terdapat beberapa kendala seperti dominasi pendapat dari satu pihak dan kurangnya struktur komunikasi yang jelas. Dengan demikian, diperlukan peningkatan dalam kualitas komunikasi melalui evaluasi rutin dan pelatihan komunikasi efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pengambilan keputusan sekolah sangat dipengaruhi oleh pola komunikasi yang terstruktur, terbuka, dan melibatkan seluruh pihak secara aktif. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Guru, Komite Sekolah, Pengambilan Keputusan, Kebijakan Sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sinergi

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Health Professions Immunology & microbiology Physics Social Sciences

Description

Sinergi: Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah publikasi ilmiah yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran gagasan, riset, serta temuan ilmiah yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, guna memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemecahan masalah global. Jurnal ...