GURUPEDIA: Journal of Teacher and Education
Vol. 1 No. 2 (2025): July 2025

Pengaruh Penggunaan Tiktok Berlebihan Terhadap Daya Fokus Akademik Gen Z

Istiningsih, Nurmayani (Unknown)
Aep, Saefullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan TikTok berlebihan terhadap fokus akademik Generasi Z. Sebagai generasi digital native, kelompok Gen Z rentan terhadap gangguan media sosial yang dapat mengurangi konsentrasi belajar. Metode penelitian kuantitatif diterapkan melalui survei terhadap 200 responden pelajar dan mahasiswa berusia 15-24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan korelasi negatif signifikan antara durasi penggunaan TikTok dengan indikator performa akademik, terutama pada kemampuan mempertahankan perhatian saat belajar. Pengguna yang menghabiskan lebih dari 3 jam sehari di TikTok mengalami penurunan daya fokus sebesar 40% dibandingkan pengguna moderat. Temuan ini memperkaya kajian perilaku digital dengan menekankan pentingnya konsumsi media sosial yang seimbang di kalangan pelajar. Rekomendasi praktis mencakup strategi digital detox dan manajemen waktu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GURUPEDIA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

GURUPEDIA: Journal of Teacher and Education is a scientific journal dedicated to publishing innovative research and ideas in a broad spectrum of teacher and education science. This journal covers in-depth studies on Religious Education, Early Childhood Education (PAUD), Elementary School Teacher ...