Cendekia: Jurnal Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2025): Contemporary Challenges in Islamic Education

Tantangan Guru PAI dalam Menghadapi Generasi Alfa: Kebutuhan Pembaruan Metode Belajar di Era Digital

Febriana, Nafi Laila (Unknown)
Muflihin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tantangan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi Generasi Alpha serta kebutuhan akan pembaruan metode belajar yang relevan di era digital. Generasi Alpha memiliki karakteristik unik seperti melek teknologi, rentang perhatian pendek, dan kecenderungan pada pembelajaran visual serta interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SDN 2 Sengonwetan Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi berbagai tantangan seperti rendahnya literasi digital, kurangnya inovasi metode belajar, serta keterbatasan dalam menyesuaikan materi PAI dengan gaya belajar digital siswa. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru PAI melakukan berbagai upaya seperti pemanfaatan media digital, pengembangan metode interaktif, serta integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi pedagogik agar pembelajaran PAI tetap relevan, menarik, dan mampu menanamkan nilai-nilai keislaman pada generasi digital masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Cendekia: Jurnal Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan is dedicated to advancing scholarly understanding and practical insights into curriculum design and educational strategies in Indonesia. Our journal serves as a critical platform for researchers, educators, and policymakers to explore innovative ...