Hasil survei yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengenai kepuasan pelayanan kesehatan tahun 2021 didapatkan 56,7% pasien menyatakan tidak sesuai dengan pelayanan yang sudah diberikan. Berdasarkan data dari 20 pasien yang sedang berkunjung untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, ada 16 diantaranya mengatakan kurang puas terhadap pelayanan di puskesmas bahkan tidak puas pada kurangnya pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan dan tanggung jawab petugas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Tiuh Tohou Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian survey analitik dan menggunakan pendekatan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di Puskesmas Tiuh Tohou Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2024 yang berjumlah 310 pasien dan jumlah sampel berjumlah 175 pasien. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis datayang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji chi-square.Berdasarkan analisis data, diketahui sebagian besar tenaga kesehatan mempunyai kinerja yang kurang baik 54,3%, fasilitas yang kurang baik 52,6%, tenaga kesehatan memberikan komunikasi yang kurang baik 55,4% dan pasien tidak puas 53,1%. Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,05 atau yang artinya terdapat hubungan faktor –faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tiuh Tohou Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2024. Hasil penelitian ini diharapkan agar dapat dijadikan sebagai acuan bagi instansi dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang tepat dan efektif dalam upaya mengurangi resiko terjadinya ketidak kepuasan pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien.
Copyrights © 2025