Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM)
Vol 6 No 3 (2025): Transformasi Kompetensi SDM dalam Era Digital: Strategi dan Implikasi Manajerial

Empat Tahun Setelah Merger: Bagaimana Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia?

Amanda, Rini (Unknown)
Darasia, Darasia (Unknown)
Sofyan, Andi Syathir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada Bank Syariah Indonesia pasca merger. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur berbasis Partial Least Square (PLS) pada nasabah Bank Syariah Indoenesia di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, namun tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Meskipun demikian, analisis mediasi memperlihatkan bahwa kepuasan berperan signifikan sebagai mediator dalam hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas. Hasil total effect mengonfirmasi bahwa kualitas pelayanan tetap berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah.   Kata kunci: Customer Satisfaction, Loyality, Service Quality  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ssbm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) merupakan jurnal mahasiswa yang berada di lingkup program studi manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar. Jurnal SSBM memublikasikan karya tulis mahasiswa pada bidang manajemen dengan kualitas yang baik dengan ...