Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2021): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 4 No 1 2021

Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Sekolah Bidang Studi Matematika Menggunakan Iteman Di SMPS Hidayatullah Ummah Kelas IX Tahun Ajaran 2020/2021

Moh. Rohilmi (Unknown)
Supratman (Unknown)
Rahmawati, Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian sekolah bidang studi matematika kelas IX SMP Islam Hidayatul Ummah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Hidayatul Ummah dengan objek yaitu berupa lembar jawaban siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Dokumentasi. Dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan program iteman sebelum akhirnya dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa : (1) Tingkat kesukaran butir soal, dari 25 butir soal yang disediakan, sebanyak 44 persen butir soal memiliki tingkat kesukaran (TK) sedang (berada pada interval yang tergolong ke dalam kriteria soal yang baik. 0 persen butir soal berada pada interval yang tergolong dalam kriteria butir soal yang mudah. sedangkan 56 persen lainnya berada pada interval yang tergolong dalam kriteria soal yang sukar atau sulit. (2) Daya beda butir soal, dari 25 butir soal yang disediakan, 44 persen butir soal memiliki daya beda yang diterima dengan baik, 8 persen butir soal diterima dengan revisi,16 persen butir soal di perbaiki, sedangkan 32 persen butir soal lainnya dibuang. Sedangkan untuk pengecoh, 84 persen butir soal memiliki 3 option yang berfungsi dari 4 option yang disediakan. 16 persen memiliki 2 option yang berfungsi dari 4 option yang disediakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tirai_edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a scientific publication managed by the Science Education Study Program and published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Universitas Qamarul Huda Badaruddin. The journal serves as a platform for researchers, educators, practitioners, and ...