Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2021): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 4 No 2 2021

Implementasi Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Budaya Sasak Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Mts Sirajul Huda

Nur'aini (Unknown)
Supratman, Moh. (Unknown)
Rahmawati, Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Budaya Sasak terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VIII MTs Sirajul Huda. Penentuan sampel menggunakan Cluster Random sampling. Cluster Random sampling adalah teknik memilih sampel dari kelompok-kelompok unit yang kecil. Pengambilan Data menggunakan Instrumen Observasi, Angket Motivasi, Dokumentasi, Wawancara dan Tes. Instrumen tes berupa uraian pada Pretest dan Posttest. Analisis Data dengan uji Paired Sample T Test menggunakan IMB SPSS Stastik versi 20. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan (p< 0,05) Ada pengaruh Implementasi Berbasis Etnomatematika Budaya Sasak terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Sirajul Huda terhadap hasil belajar pada materi Bangun Datar dan Lingkaran dibandingkan dengan metode ceramah, dimana nilai Rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran berbasis Etnomatematika Budaya Sasak terhadap Motivasi Belajar lebih tinggi yaitu 77 jika dibandingkan dengan nilai Rata-rata menggunakan metode ceramah yaitu 68.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tirai_edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a scientific publication managed by the Science Education Study Program and published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Universitas Qamarul Huda Badaruddin. The journal serves as a platform for researchers, educators, practitioners, and ...