Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2025): Tirai Edukasi Juni 2025

Pengaruh artificial intellegence ChatGPT terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN

Mansyah, Budi (Unknown)
Adipta, Marazinal (Unknown)
Sahabudin, Sahabudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan ChatGPT terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 2 Lombok Tengah. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep ekonomi serta keterbatasan metode ceramah yang masih dominan digunakan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) model pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen XE5 (19 siswa) yang menggunakan ChatGPT dalam pembelajaran dan kelas kontrol XE6 (19 siswa) yang menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, di mana rata-rata nilai pretest meningkat dari 59,72 menjadi 90,00 pada posttest. Sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 46,67 menjadi 64,72. Uji Independent Samples Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Penelitian ini menegaskan bahwa ChatGPT berkontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman siswa dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tirai_edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a scientific publication managed by the Science Education Study Program and published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Universitas Qamarul Huda Badaruddin. The journal serves as a platform for researchers, educators, practitioners, and ...