Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2024): Tirai Edukasi Desember 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Menggunakan Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Ananda Sari, Lia (Unknown)
Mawarzani, Sapka (Unknown)
Suandi, Suandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game-Based Learning (GBL) menggunakan Quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Praya Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-shot case study. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas XI B2 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan lembar observasi. Uji validitas menunjukkan semua item angket valid dengan nilai r hitung > r tabel (0,3291), sedangkan reliabilitas angket tergolong baik dengan nilai Cronbach’s Alpha > 0,6. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran GBL menggunakan Quizizz. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 30,596 > t tabel 1,689 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran GBL berbantuan Quizizz terhadap motivasi belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi berbasis permainan dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan keterlibatan, antusiasme, serta motivasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tirai_edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a scientific publication managed by the Science Education Study Program and published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Universitas Qamarul Huda Badaruddin. The journal serves as a platform for researchers, educators, practitioners, and ...