Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, data dikumpulkan melalui angket dan tes pilihan ganda. Hasil analisis MANOVA menunjukkan semua statistik multivariat seperti Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root memiliki nilai signifikansi p < 0,001, menandakan perbedaan yang sangat signifikan antar kelompok. Uji univariat juga menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar memiliki nilai signifikansi p < 0,001. Dengan demikian, model PjBL terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kedua variabel, serta menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. both variables, as well as creating a more engaging and meaningful learning process. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025