Fusshilat : Jurnal Studi Pendidikan dan Keislaman
Vol 1 No 1 (2024): Desember

Contextual Learning Strategy Models in Madrasah Ibtidaiyah : Islamic Elementary Schools

Idhar, Idhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Abstrak : Pembelajaran kontekstual salah satu strategi pembelajaran untuk melibatkan peserta didik dalam aktifitas penting dalam rangka membatu pemahaman mereka dalam memahami pelajaran akademik dan praktek kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan konsep dan praktek itu, mereka akan mampu beradaptasi dengan pelajaran sekaligus bisa menghubungkannya dengan kondisi kehidupan sehari-hari. Olehnya itu, starategi pembelajaran konteks ini merupakan starategi yang mengajarkan peserta didik untuk sadar bahwa pelajaran yang mereka pelajari di sekolah tidaklah sia-sia belaka, karena pelajaran yang didapat di sekolah salah satu materi yang bisa dikaitkan dengan kehidupan nyata di masyarakat. Pembelajaran kontekstual ini juga memberikan kebebasan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan belajar dalam meningkatkan kompetensi baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik, sehingga dengan pembelajaran itu akan mengajarkan peserta didik belajar lebih inovatif dan komprehensif.Strategi pembelajaran konteks merupakan model pembelajaran yang mengharuskan guru untuk mengajar peserta didik yang bukan sekedar semangat menyampaikan informasi kepada peserta didin akan tetapi lebih jauh dari itu seorang guru harus betul-betul mengajarkan peserta didik bagaimana memahami keadaan lingkungan sekeliling, sehingga dengan kesadaran pemahaman pembelajaran tersebut, peserta didik akan mampu menghadapi perkembangan jamannya. Dengan demikian dapat dipahami bahwa model pembelajaran kontekstual ini yaitu model pembelajaran yang melibatkan antara guru dengan peserta didik, karna dimana peserta didik diajarkan atau didorong oleh guru memahami makna sebuah konsep dalam kehidupanya. Artinya guru memberikan pemahan dan materi kepada peserta didik bagaimana materi itu bisa dikaitkan dengan keadaan dunia nyata. Jadi konsep strategi pembelajaran konteks ini salah satu konsep belajar dan mengajar yang melibatkan antara guru dengan siswa karna konsep pembelajarannya, peserta didik dijadikan sebagai subyek yang memiliki kebebasan dalam menerima materi dan menemukan materi serta sekaligus mampu mengkaitkan dengan kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fusshilat

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Fusshilat : Jurnal Studi Pendidikan dan Keislaman merupakan jurnal yang dibangun untuk engakomodir artikel-artikel ilmiah hasip penelitian lapangan dan study literatur dalam bidang pendidikan dan keislaman. Fusshilat akan diterbitkan dalam dua kali setahun, yakni pada bulan januari-juni dan ...