Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan
Vol 17 No 2 (2024)

PERUBAHAN MUATAN SEJARAH DUNIA DALAM KURIKULUM NASIONAL

Haeri, Iman Zanatul (Unknown)
Abrar (Unknown)
Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis konten sejarah dunia dalam pengembangan kurikulum di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis konten dokumen Kurikulum Merdeka dan kurikulum sebelumnya pada jenjang sekolah menengah atas. Data penelitian bersumber dari studi pustaka sejarah dunia, studi dokumen kerangka kurikulum, dokumen capaian pembelajaran, serta buku teks sejarah. Temuan pertama, sejarah dunia dalam kurikulum di Indonesia diajarkan melalui mata pelajaran sejarah terintegrasi dan mata pelajaran mandiri. Kedua, perubahan struktur Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka sempat menghilangkan lingkup materi sejarah dunia. Perubahan terjadi dalam tiga tahapan. Saat kurikulum prototipe yang merupakan cikal bakal Kurikulum Merdeka diterapkan pada Program Sekolah Penggerak, sejarah dunia masih diajarkan. Kemudian ketika Kurikulum Merdeka diterapkan kepada sekolah-sekolah di luar Sekolah Penggerak pada 2022-2024, sejarah dunia tidak lagi diajarkan akibat perubahan Capaian Pembelajaran. Lalu, perubahan terakhir pada struktur dan capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka 2024 mengembalikan sejarah dunia dalam mata pelajaran Sejarah Tingkat Lanjut. Ketiga, sepanjang pengembangan Kurikulum Merdeka, tidak tersedia buku teks sejarah dunia. Penelitian ini merekomendasikan, pertama perlu dilakukan revisi terhadap struktur dan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk memperkuat kedudukan muatan sejarah dunia. Kedua, perlu segera menyediakan buku teks sejarah dunia. Ketiga, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penerapan sejarah dunia dalam Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

litjak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan is a peer-reviewed journal that publishes research and analysis-based articles on education policy. The journal publishes a range of education policy topics such as education management, educational evaluation and assessment, curriculum, education technology, ...