Pendidikan merupakan proses pembentukan manusia secara utuh, baik dari segi jiwa, raga dan spiritual, yang dimaksudkan untuk meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Pendidikan merupakan suatu yang integral dari kehidupan di mana tujuannya adalah memelihara dan membentuk latihan, jadi pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. realitas yang sering temukan ditengah masyarakat baik dari berita-berita yang kita lihat, baik dari televisi maupun surat kabar telah banyak terjadi pergeseran-pergeseran moral seperti kurangnya perhatian orang tua terhadap anak-anak sehingga berdampak pada hilangnya nilai–nilai sepiritual ini mengakibatkan dekadensi moral dan berdampak pada perilaku amoral seperti tidak tau adab sopan santun,tawuran, geng, dan mengarah pada inkondisitas. Hal ini terjadi karena kurangnya pembinaan orangtua terhadap anak. Pendidikan karakter hanya akan menjadi sekadar wacana jika tidak dipahami secara lebih utuh dan menyeluruh dalam konteks pendidikan nasional kita. Bahkan, pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru malah bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak didik. Pendekatan parsial yang tidak didasari pendekatan pedagogi yang kokoh alih-alih menanamkan nilai-nilai keutamaan dalam diri anak, malah menjerumuskan mereka pada perilaku kurang bermoral. Misi kependidikan yang dibawa oleh Al-Qur’an mencakup hakikat pendidikan yang universal dalam arti bahwa kegiatan pendidikan adalah merupakan proses yang abadi dejak keberadaan manusia di dalam dunia (Adam diteruskan pada momentum-momentum historis dalam kisah umat-umat terdahulu) sampai pada akhir zaman. Substansi pendidikan Islam yang dibawa oleh al-qur’an tidak mengalami perubahan, yakni merupakan suatu proses untuk memperteguh keyakinan manusia untuk menerima kebenaran Ilahi dan pengembangan potensi manusia untuk mengembangkan kebenaran tersebut. Secara metodologis dalam al-qur’an terdapat beberapa petunjuk yang bervariasi sesuai dengan tujuan, sasaran, ruang, dan waktu di mana proses pendidikan terjadi.Kata Kunci: Internalisasi Nilai Islam, Karakter Anak, Pendidikan Islam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021