Penelitian bertujuan untuk menguji penerapan metode komunikatif dalam meningkatkan kemampuan maharah al-kalam di kalangan siswa SMP Aisyiyah Gowa. Studi ini juga berupaya menemukan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi Siswa SMP Aisyiyah Gowa dalam penerapan metode komunikatif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil studi lapangan dan analisis data, ditemukan tidak terjadi peningkatan kemampuan maharah al-kalam siswa melalui penerapan metode komunikatif. Ditemukan bahwa siswa hanya mampu menggunakan kalimat-kalimat pendek berbahasa Arab yang sudah dihafalkan dan masih banyak di antara para siswa yang tidak bisa menghafal mufradat yang telah diberikan. Selain itu, masih banyak siswa yang belum lancar membaca iqra’ dan kesulitan dalam melafalkan serta membaca bahasa Arab. Salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya perkembangan siswa dalam penguasaan membaca dan menghafal iqra, adalah terbatasnya jam pelajaran bahasa Arab di sekolah, sehingga proses pembelajaran bahasa Arab menjadi tidak maksimal. Kata kunci: Bahasa Arab, Maharah al-kalam, Metode komunikatif
Copyrights © 2023