Al Urwatul Wutsqa
Vol. 3 No. 2 (2023): DESEMBER 2023

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X ANTARA SISWA LULUSAN SMP DAN MTS DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI KAB. ENREKANG

Arif, Muhammad (Unknown)
Ferdinan, Ferdinan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2023

Abstract

Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajara Pendidikan Agama Islam Kelas X Antara Siswa Lulusan SMP dan Siswa Lulusan MTS di SMa Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X siswa yang lulusan SMP di SMA Muhammadiyah Kalosi. Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X siswa yang lulusan MTS di SMA Muhammadiyah Kalosi. Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X siswa yang lulusan SMP dan siswa yang lulusan MTS di SMA Muhammadiyah KalosiJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Kalosi yang berjumlah 153 siswa, dan sampelnya berjumlah 124 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t (independent sampel t test. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar atau nilai dari 62 siswa kelas X lulusan MTS, yang memperoleh nilai tuntas yakni sebanyak 45 orang dan yang memperoleh nilai tidak tuntas yakni sebanyak 17 orang, dengan nilai tertinggi yakni 88, nilai terendah yakni 40. (2) Hasil belajar atau nilai dari 62 siswa kelas X lulusan SMP, yang memperoleh nilai tuntas yakni sebanyak 38 orang dan yang memperoleh nilai tidak tuntas yakni sebanyak 24 orang, dengan nilai tertinggi yakni 89, dan nilai terendah yakni 40. (3) Perbandingan hasil belajar atau nilai siswa kelas X berdasarkan nilai rapor antara siswa yang lulusan SMP dan siswa yang lulusan MTS nilainya tidak jauh berbeda, dapat dilihat dalam uji Independent Sample T-test, diperoleh nilai t hitung sebesar 1,333 dan t tabel sebesar 2,000. berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel yang artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X yang signifikan antara siswa yang lulusan SMP dengan siswa yang lulusan MTS di SMA Muhammadiyah Kalosi.Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Lulusan SMP, Lulusan MTS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alurwatul

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, p-ISSN: 2775-4855, merupakan forum untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan Islam. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa hadir untuk meningkatkan pelaksanaan penelitian di bidang Pendidikan Islam dan menyebarluaskan hasil penelitian tersebut, ...