Al Urwatul Wutsqa
Vol. 4 No. 1 (2024): JUNI 2024

KARAKTERISTIK KURIKULUM KBK, KTSP, K13 DAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SMP DAN

Abdullah, Ahmad (Unknown)
Yana, Al-Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum dalam Pendidikan merupakan hal yang penting dalam proses berjalannya pembelajaran disekolah, Kurikulum di indonesia memiliki karakteristik seperti kurikulum KBK yang perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, nilai serta sikap yang ditunjukkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). K13 menekankan pada dimensi pedagogic modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Dan Kurikulum Merdeka memberi keleluasan dan memudahkan pendidik menerapkan pebelajaran yang lebih mendalam, sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan fokus pada penguatan karakterKata Kunci: Karakteristik Kurikulum; KBK; KTSP; K13; Kurikulum Merdeka Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alurwatul

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, p-ISSN: 2775-4855, merupakan forum untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan Islam. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa hadir untuk meningkatkan pelaksanaan penelitian di bidang Pendidikan Islam dan menyebarluaskan hasil penelitian tersebut, ...