Konsentrasi dan prestasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik pelajar. Namun, tekanan akademik dan lingkungan yang kurang kondusif dapat menyebabkan penurunan fokus belajar. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengimplementasikan program mindfulness sebagai strategi dalam meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar pelajar di SMK BMR Pekanbaru. Pengabdian ini dilakukan pada bulan November 2024 dengan partisipan 56 pelajar. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan mindfulness berbasis latihan pernapasan, latihan kesadaran diri, serta teknik relaksasi yang diterapkan selama delapan sesi dalam kurun waktu satu bulan. Evaluasi program dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan instrumen konsentrasi belajar serta analisis nilai akademik pelajar sebelum dan sesudah intervensi. Hasil program menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam tingkat konsentrasi pelajar, yang diukur melalui peningkatan skor fokus dan atensi. Selain itu, terjadi peningkatan prestasi belajar pada beberapa mata pelajaran utama, khususnya yang memerlukan pemecahan masalah dan daya ingat tinggi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa implementasi mindfulness dapat menjadi pendekatan efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar pelajar. Oleh karena itu, disarankan agar mindfulness diintegrasikan secara lebih luas dalam kegiatan pembelajaran dan bimbingan konseling di sekolah.
Copyrights © 2025