Pena Anda
Vol. 2 No. 1 (2024): April

Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

Andri Setiawan (Unknown)
Revina, Adylia (Unknown)
Perwitasari, Dian (Unknown)
Agustine, Sinly (Unknown)
Astuti, Susi Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Salah satu faktor esensial dalam perkembangan dan pembentukan kepribadian peserta didik adalah teman sebaya. Teman sebaya dapat sebagai sumber belajar secara langsung maupun tidak langsung untuk peserta didik. Pengaruh teman sebaya sebagai sumber belajar peserta didik dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek motivasi dan aspek hasil belajar. Teman sebaya dapat menghasilkan motivasi berdampak positif maupun negatif bagi peserta didik. Motivasi positif dari teman sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sedangkan motivasi negatif dapat menurunkan motivasi belajar peserta didik. Aspek hasil belajar, teman sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, teman sebaya dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, mengerjakan tugas, dan mempersiapkan diri untuk ujian. Secara tidak langsung, teman sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik melalui interaksi sosial yang terjadi di antara mereka. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh teman sebaya sebagai sumber belajar peserta didik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dapat dikatakan positif. Namun, pengaruh tersebut dapat bervariasi tergantung pada kualitas hubungan pertemanan antara peserta didik dan teman sebayanya. Hubungan pertemanan yang positif akan memberikan pengaruh yang lebih positif bagi motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

penaanda

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pena Anda bertujuan untuk menjadi sarana atau wadah publikasi artikel ilmiah, baik yang berbasis pada hasil penelitian maupun hasil kajian literasi di bidang pendidikan sekolah dasar yang bermutu sehingga diharapkan mampu menjadi rujukan inovasi dalam pendidikan guru sekolah ...