ABDIMAS SILIWANGI
Vol. 8 No. 3 (2025): Oktober 2025

Mendorong perubahan paradigma mengajar: edukasi deep learning dan transformative learning bagi guru SAM Al-Mukhtariyah Rajamandala

Aryana, Suhud (Unknown)
Fauziya, Diena (Unknown)
Dasep, Dasep Suprijadi (Unknown)
Permana, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Pendidikan di era globalisasi dan disrupsi teknologi menuntut perubahan paradigma pembelajaran dari pendekatan yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa guna mengembangkan keterampilan abad ke-21 siswa. Namun observasi di SMA AL-Mukhtariyah Rajamandala menunjukkan bahwa praktik masih didominasi metode konvensional seperti ceramah dan pengugasan satu arah, yang kurang mendorong pemahaman mendalam dan berpikir kritis. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tim peneliti Pascasajana bahasa Inggris dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari IKIP Siliwangi menyelenggarakan workshop bertajuk "Penguatan Literasi Digital melalui Deep Learning dan Transformative Learning" untuk 33 guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif-edukatif dengan presentasi, diskusi kelompok, dan demonstrasi tools berbasis AI. Hasil evaluasi menunjukkan 100% peserta menyetujui materi relevan dengan kebutuhan pembelajaran modern, dengan 75% menyatakan kepuasan tinggi. Namun pemahaman tentang Pembelajaran Transformatif (31,3% sangat setuju) dan integrasi ide teknologi (43,8% sangat setuju) memerlukan pendalaman lebih lanjut. Rekomendasi meliputi perpanjangan durasi lokakarya, penambahan sesi praktik, dan pendampingan berkelanjutan. Kegiatan ini membuktikan pentingnya kolaborasi perguruan tinggi dan sekolah dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis deep learning dan pembelajaran transformatif untuk meningkatkan kompetensi guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...