Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Emotional Branding dan Hubungannya dengan Loyalitas Konsumen: Studi Literatur

Sienny, Sienny (Unknown)
Pitaloka, Dora (Unknown)
Amelia, Bella (Unknown)
Siagian, Hanna Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini membahas emotional branding dan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen dalam konteks sosial budaya Indonesia. Dalam era digital saat ini, keputusan pembelian konsumen tidak hanya ditentukan oleh aspek fungsional seperti harga dan kualitas, tetapi juga oleh hubungan emosional yang tercipta antara konsumen dan merek. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis teori dan temuan dari berbagai sumber nasional maupun internasional untuk memahami bagaimana emotional branding dapat menciptakan keterikatan emosional yang berdampak pada loyalitas. Hasil kajian menunjukkan bahwa emotional branding menajdi strategi penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen melalui nilai keotentikan, empati, dan pengalaman merek yang menyeluruh. Dalam konteks budaya Indonesia yang kolektivis dan emosional, strategi ini terbukti efektif dalam memperkuat hubungan sosial antara merek dan konsumennya. Merek-merek lokal seperti Wardah, Kopi Kenangan, dan Scarlett berhasil menunjukkan bahwa loyalita dapat tumbuh dari kedekatan emosional dan kesamaan nilai. Dengan demikian, emotional branding bukan hanya alat promosi, tetapi juga saran membentuk identitas dan kepercayaan yang bekerlanjutan antara merek dan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...