Jurnal Pedagogy
Vol. 17 No. 1 (2024): Volume 17 Nomor 1 Tahun 2024

Analisis Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Mewujudkan Good University Governance Di STAI Muhammadiyah Blora

Murtyaningsih, Rina (Unknown)
Rahman, Yenny Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2024

Abstract

Analisis ini meneliti penerapan sistem manajemen pendidikan tinggi (SMPT) dalam mewujudkan Good University Governance (GUG) di STAI Muhammadiyah Blora. Good University Governance (GUG) menjadi elemen penting dalam reformasi PTS, menekankan pada struktur tata kelola, otonomi, akuntabilitas, kepemimpinan, dan transparansi. Struktur tata kelola yang jelas, otonomi yang memadai, akuntabilitas yang tinggi, kepemimpinan yang efektif, dan transparansi yang terjaga menjadi kunci utama. Implementasi SMPT yang efektif dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, akuntabilitas publik, dan kepercayaan stakeholders. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif desriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan situasi atau fenomena praktik di STAI Muhammadiyah Blora. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami peran SMPT dalam mewujudkan GUG untuk PTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan sistem manajemen pendidikan tinggi di STAI Muhammadiyah Blora, sistem pengendalian terdiri dari beberapa sistem dan tindakan: sistem penjaminan mutu; jaminan kepuasan pelanggan; pengawasan dan dokumentasi komplain stakeholder; manajemen berdasarkan fakta; dan perbaikan kesinambungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...