Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Game Based Learning (GBL) berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VII di MTsN 3 Kota Padang. Metode yang digunakan ialah quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan menggunakan model GBL berbantuan wordwall dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol yang diajar melalui metode ceramah. Masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 82,46, sedangkan kelas kontrol sebesar 69,44. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai thitung 4,378 > ttabel 1,998 sehingga H? ditolak dan Ha diterima. Proses pembelajaran dengan model GBL berbantuan wordwall menunjukkan keterlaksanaan yang sangat baik dengan rata-rata di atas 96%. Respon peserta didik juga tergolong sangat positif, seluruh peserta didik menyatakan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan membantu memahami materi, 97% merasa lebih aktif dan bersemangat, sementara hanya sebagian kecil (3%) yang menilai suasana kelas menjadi lebih ramai. Dengan demikian, model GBL berbantuan wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025