JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Hubungan Latihan Intensitas Tinggi terhadap Performa Atlet Wanita Pada Masa Menstruasi: Literature Review

Nainggolan, Thesalonika (Unknown)
Sinulingga, Santa Alfega (Unknown)
Pasaribu, Putri Sairamaida (Unknown)
Balqis, Namira Putri (Unknown)
Sinaga, Budi Muharram (Unknown)
Siregar, Nurhamida Sari (Unknown)
Kurniawan, Randi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Permasalahan yang sering dialami oleh atlet wanita yaitu masalah ganguan menstruasi. Intensitas tinggi dalam olahraga berarti latihan yang dilakukan dengan beban kerja besar, cepat, atau berat, sehingga membuat tubuh bekerja mendekati batas kemampuan. Intensitas tinggi yang dilakukan selama latihan oleh atlet wanita pada masa menstruasi dapat menjadi salah satu faktor penyebab berkurangnya performa atlet wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkatan intensitas tinggi terhadap siklus menstruasi atlet wanita. Metode yang digunakan adalah metode literature review dipilih untuk penelitian terhadap atlet wanita dengan jumlah delapan jurnal. Data penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber berupa jurnal internasional maupun nasional, dengan kriteria inklusi publikasi dalam 5 tahun terakhir dan berfokus pada topik latihan, performa atlet, serta siklus menstruasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latihan intensitas tinggi daapat berdampak negatif bila tidak terkontrol atau berlebihan dan juga bisa bermanfaat bila disesuaikan dengan kondisi fisiologis, durasi, frekuensi, status gizi, dan fase menstruasi atlet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa latihan intensitas tinggi memberikan pengaruh yang beragam terhadap performa atlet wanita pada masa menstruasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...