Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru di SD Kecamatan Salo Kabupaten Kampar baik secara parsial maupun secara simultan. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih ditemukannya variasi kepuasan kerja guru yang diduga dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 60 guru. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, dengan pengujian asumsi klasik, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R²), pengujian hipotesis dilakukan dengan alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru; (2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru, serta menjadi variabel dengan pengaruh dominan; (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru; dan (4) secara simultan, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Nilai Adjusted R² sebesar 0,587 mengindikasikan bahwa ketiga variabel independen mampu menjelaskan 58,7% variasi kepuasan kerja guru, sedangkan sisanya 41,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kepuasan kerja guru dapat diwujudkan melalui kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, pemberian motivasi yang memadai, serta penciptaan lingkungan kerja yang kondusif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas kerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025