Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 6 No 2 (2025): Jurnal Dunia Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division

Marselius Wicy (Unknown)
Andika Triansyah (Unknown)
Fitriana Puspa Hidasari (Unknown)
Wiwik Yunitaningrum (Unknown)
Muhammad Fachrurrozi Bafadal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe stad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi serta simpel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik obserpasi yang fleksibel dan terbuka, pengumpulan data menggunakan alat pengumpulan rubrik penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pembelajaran Lari jarak pendek pada peserta didik di SDN 09 Anik. Deskripsi hasil analisis data hasil belajar Lari jarak pendek pada peserta didik di SDN 09 Anik yang dilakukan bahwa pada Pra Siklus ketuntasan minimal siswa 20%, sesudah diberi perlakuan siklus I ketuntasan minimal siswa yaitu 33,33% setelah mendapat perlakuan dalam siklus II memiliki ketuntasan minimal siswa yaitu 96,67%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...