GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 05 (2025): OKTOBER 2025

PERAN MAHASISWA PKL DALAM MENDUKUNG PENGELOLAAN DAN LAYANAN DI PERPUSTAKAAN STIK STELLA MARIS MAKASSAR

Tukan, Katarina Leba (Unknown)
Reski, Siti Salsabila (Unknown)
Mathar, Muh. Quraish (Unknown)
Umar, Touku (Unknown)
Abidin, Saenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Laporan ini menyajikan hasil pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Perpustakaan Pater Mathias Wolff, STIK Stella Maris Makassar, yang berlangsung pada tanggal 4 Agustus hingga 12 September 2025. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam bidang pengelolaan dan layanan perpustakaan. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga diperoleh data yang menyeluruh mengenai kegiatan perpustakaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat dalam berbagai aspek pengelolaan, antara lain pemindahan koleksi, penyiangan, klasifikasi, katalogisasi dengan sistem DDC edisi ke-23, input data koleksi pada aplikasi SLiMS, pengelolaan repositori digital, pembuatan barcode dan label, serta pelayanan pemustaka. Kegiatan ini memberikan pemahaman nyata tentang pentingnya ketelitian, keterampilan teknis, manajemen koleksi, serta interaksi yang baik dengan pemustaka. Kesimpulannya, PKL di perpustakaan ini menjadi sarana penting bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktik di lapangan, serta mempersiapkan diri menghadapi tantangan profesional di bidang kepustakawanan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...