Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG

Fadhilah, Sonia Nur (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)
Priyanto, Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui apa saja kesulitan belajar siswa pada materi pecahan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 17 Semarang. 2) Mengetahui apa saja faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada materi pecahan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 17 Semarang? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara guru dan wawancara siswa, angket, dan observasi. Hasil analisis yang diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika dikarenakan 1) Faktor internal, yang dialami siswa yaitu kurangya motivasi belajar dan rendahnya intelegensi/intelektual saat mengerjakan soal materi pecahan. 2) Faktor Ekternal, gejala ini disebabkan karena kurangnya pengenalan siswa terhadap media pembelajaran yang mendorong motivasi belajar matematika materi pecahan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah 1) siswa harus lebih sering belajar serta mengerjakan latihan soal dan meningkatkan motivasi belajar sehingga kesulitan belajar dapat berkurang. 2) pentingnya penggunaan media pembelajaran yang menarik pada saat pembelajaran berlangsung sebagai sarana untuk menarik motivasi belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...