Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi
Vol. 13 No. 3 (2025): September

Pengembangan E-Module Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Kecerdasan Visual Spasial Siswa SMA

Zulaika, Ananda (Unknown)
Nuranti, Gina (Unknown)
Juhanda, Aa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis Learning Cycle 7E berbantuan Augmented Reality untuk melatihkan kecerdasan visual spasial siswa SMA pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Proses pengembangan mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-module berada pada kategori “sangat valid” dengan skor rata-rata 81,94%. Uji efektivitas menggunakan uji t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest (p < 0,05). Rata-rata skor N-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kategori tinggi. Analisis per indikator menunjukkan peningkatan signifikan pada semua indikator visual spasial, dengan skor N-Gain tertinggi pada indikator Imagination. Selain itu, tanggapan guru dan siswa menunjukkan bahwa e-module tergolong layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, e-module yang dikembangkan efektif untuk melatihkan kecerdasan visual spasial siswa dan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran berbasis teknologi yang inovatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioscientist

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences

Description

Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi (BJIB), receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing ...