Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 11 No. 2 (2025): JIPBSI

IMPLEMENTASI METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IX D SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Cahya, Brarda Ananda Tri (Unknown)
Indrawati, I Gusti Ayu Putu Tuti (Unknown)
Sari, Ni Wayan Eminda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

This Classroom Action Research (CAR) aimed to improve Indonesian language learning, particularly in writing descriptive texts, through the Contextual Teaching and Learning (CTL) method assisted by picture media. The research focused on enhancing the quality of learning and examining how the CTL method, combined with picture media, could improve ninth-grade students' writing skills at SMP (SLUB) Saraswati 1Denpasar. It also aimed to explore the role of picture media in helping students understand and express their ideas clearly and structurally. Data were collected through observations and tests, and analysed using both qualitative and quantitative methods. The findings showed that the implementation of the CTL method with picture media successfully increased students' enthusiasm and active participation in learning activities. Students became more engaged in key learning processes such as observing, questioning, reasoning, and communicating. Moreover, this method encouraged creativity, improved vocabulary usage, and supported the development of positive character values like honesty, discipline, and respect. Abstrak Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis teks deskriptif, melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dibantu dengan media gambar. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran dan mengkaji bagaimana metode CTL yang dipadukan dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IX di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi peran media gambar dalam membantu siswa memahami dan mengungkapkan ide secara jelas dan terstruktur. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, lalu dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CTL dengan bantuan media gambar berhasil meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa menjadi lebih terlibat dalam proses belajar seperti mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan. Selainitu, metode ini mendorong kreativitas, memperkaya penggunaan kosakata, serta mendukung perkembangan nilai-nilai karakter positif seperti kejujuran, kedisiplinan,dan rasa hormat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JIPBSI terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JIPBSI memuat artikel hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan diterbitkannya JIPBSI adalah sebagai medium mempublikasikan hasil peneitian yang memberikan dampak dan manfaat dalam ...