Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 8 No. 3 (2025): Agustus

Peningkatan Kompetensi Calon Guru dalam Pengembangan dan Implementasi Project-Based E-Modul dan Games: Studi Kasus Workshop Model PEGAS

Gunawan, Gunawan (Unknown)
Kosim, Kosim (Unknown)
Harjono, Ahmad (Unknown)
Nisrina, Nina (Unknown)
Hikmawati, Hikmawati (Unknown)
Herayanti, Lovy (Unknown)
Rahmatullah, Rahmatullah (Unknown)
Zainuri, Baiq Nabila Saufika (Unknown)
Qothrunnada, Qothrunnada (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengevaluasi hasil penelitian tahun 2024, serta mempersiapkan implementasi model PEGAS (Project-Based, E-Modul, dan Gamifikasi) guna meningkatkan keterampilan Abad 21 calon guru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam format workshop selama dua hari. Hari pertama melibatkan dosen pendidikan fisika dan praktisi untuk sosialisasi hasil, rekomendasi penelitian sebelumnya, dan diskusi awal rencana implementasi PEGAS. Hari kedua diikuti oleh mahasiswa calon guru, berfokus pada pemahaman konsep dan persiapan praktis model PEGAS melalui materi, diskusi, dan tanya jawab. Evaluasi dilakukan melalui angket respons peserta dan analisis masukan, saran, serta rekomendasi yang terkumpul. Hasil menunjukkan respons sangat positif terhadap relevansi dan kualitas workshop, dengan peserta merasa pemahaman konsep PEGAS jelas dan termotivasi untuk mengimplementasikannya dalam mendukung keterampilan Abad 21. Aspek keterkaitan konsep dan potensi kolaborasi juga dinilai tinggi (95%). Analisis tematik pada masukan peserta menyarankan durasi workshop lebih panjang, sesi praktik lebih intensif, penyediaan modul tertulis, dan perluasan cakupan peserta. Rekomendasi implementasi meliputi urgensi penerapan segera, kolaborasi eksternal, diseminasi hasil, serta evaluasi keberhasilan produk dan kesiapan lapangan. Kegiatan ini berhasil membekali calon guru dengan wawasan esensial dan mengumpulkan masukan berharga untuk perencanaan implementasi model PEGAS yang efektif. Rekomendasi tersebut menjadi dasar perbaikan kegiatan serupa dan memastikan implementasi model yang lebih matang dalam mentransformasi pembelajaran fisika yang interaktif, relevan, dan menarik, guna mendukung pengembangan keterampilan Abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...