Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2025): Agustus

PENGARUH PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN KERAJAAN HUTAN PADA TEMA BINATANG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK PUTRA 1 MATARAM

Isnaini, Lailatul (Unknown)
Karta, I Wayan (Unknown)
Fahruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif, pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan sosial emosional, dan pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan design one group pretest dan posttest dengan instrumen pedoman observasi teknik checklist terhadap 23 orang anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Putra 1 Mataram Tahun 2024. Hasil korelasi antara perkembangan kognitif dan perkembangan sosial emosional adalah signifikan dan uji prasyarat ditemukan memenuhi syarat analisis dengan teknik statistik t-test taraf signifikansi 5%. Hasil analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif., 2) ada pengaruh pembelajaran bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional., 3) ada pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional. Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian dapat direkomendasikan: masalahmasalah yang terjadi pada perkembangan kognitif dan perkembangan sosial emosional dapat ditangani dengan mengimplementasikan pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang sebagai metode pembelajaran terhadap anak usia dini kelompok B.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...