Sosial emosional merupakan aspek perkembangan yang selalu menjadi isu dalam keseharian anak di taman kanak-kanak yang paling terlihat selain perkembangan kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B tahun ajaran 2024 melalui metode bermain peran TK IT Al-Fajar di Kecamatan Ampenan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan model Kemmis & Mc Taggart dan dilakukan dengan tindakan sebanyak II siklus. Subyek penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B berjumlah 20 orang anak dengan rasio 11 perempuan dan 9 laki-laki di TK IT Al-Fajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dan juga kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan sosial emosional anak dengan menerapkan metode bermain peran pada anak kelompok B TK IT Al-Fajar dari pra siklus yang mendapat 64,31%, meningkat pada siklus I menjadi 69,11%, dan meningkat pada siklus II menjadi 80,10%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B TK IT AlFajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025