Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan numerasi anak kelompok A dengan menggunakan alat permainan edukatif tutup botol angka untuk anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang melibatkan 13 anak dilakukan dalam III siklus dimulai dari perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi/evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa permainan edukatif tutup botol angka yang semula pada prasiklus sebesar 67 % meningkat pada siklus I mencapai 72,3%, pada siklus II menjadi 73,9 % dan pada siklus III mencapai 89,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Angka dapat meningkatkan kemampuan numerasi anak kelompok A di TK Negeri Pembina Mataram.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025