Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2025): Agustus

PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KETANGGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Faedah, Syipa'ul (Unknown)
Sukardi (Unknown)
Habibi, M. A. Muazar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Kemampuan mengenal huruf awal merupakan keterampilan yang sangat penting untuk ditingkatkan dalam berbahasa, hal ini dikarenakan mengenal huruf menjadi dasar bagi anak-anak dalam proses menulis dan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh media pop up book terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk preeksperimen dengan rancangan desain the one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelompok B di TK Dharma Wanita Ketangga tahun ajaran 2024/2025. Penentuan sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berbentuk pernyataan yang telah memenuhi kualitas instrumen. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji paired sample test. Hasil kajian diperoleh nilai t 4.332 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pop up book terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...