Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 5, No 2 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN TINJOMOYO 01

Proborini, Cahyaningsih Amalia (Unknown)
Sukamto, Sukamto (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran karena membantu menyampaikan informasi atau materi pelajaran secara jelas, terstruktur, dan menarik, sehingga mempermudah siswa memahami konsep yang diajarkan. Namun, fakta dilapangan menunjukan bahwa guru tidak menggunakan variasi media dalam pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop-Up Book pada materi keberagaman budaya Indonesia guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN Tinjomoyo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah hasil tes belajar siswa (Post-Test), observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan media Pop-Up Book telah memenuhi kriteria valid yang ditinjau berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dengan memperoleh kelayakan materi sebesar 98% dan kelayakan media sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”. Media Pop-Up Book yang telah dikembangkan dapat memenuhi kriteria praktis dan efektif yang ditinjau berdasarkan angket respon guru dan siswa yang memiliki rata-rata 80%-100% dengan kriteria “sangat layak” dan sangat valid. Media Pop-Up Book juga memenuhi kriteria efektif yang ditinjau berdasarkan meningkatnya hasil belajar siswa di SDN Tinjomoyo 01 yang dibuktikan dengan perolehan tingkat signifikasi dari rata-rata nilai 53,9 menjadi 81.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...