Di era digital yang terus berkembang, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran seni rupa dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, dan memungkinkan mereka untuk menjelajahi berbagai media seni dengan lebih luas. Media E-Flipbook merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Namun proses pembelajaran yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 05 Semarang masih menggunakan metode pengajaran yang konvensional karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran seni rupa. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi menunjukkan persentase 95%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media e-flipbook yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layakâ€.
Copyrights © 2024