Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi Tata Surya yang bersifat abstrak dan kompleks di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran digital interaktif berbasis Augmented Reality (AR) 3D guna meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli, angket guru dan siswa, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Validasi dilakukan oleh dua ahli media dan tiga ahli materi, kemudian diuji cobakan pada siswa kelas VI di SD Negeri 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media AR 3D yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak berdasarkan penilaian para ahli, praktis berdasarkan respon pengguna, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR dalam pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman konsep secara visual, dan mendukung pembelajaran yang lebih bermakna di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025