Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DIGITAL AUGMENTED REALITY 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MATERI TATA SURYA: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DIGITAL AUGMENTED REALITY 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MATERI TATA SURYA

Dwi Setiani (Unknown)
Yeri Sutopo (Unknown)
Agus Yuwono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi Tata Surya yang bersifat abstrak dan kompleks di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran digital interaktif berbasis Augmented Reality (AR) 3D guna meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli, angket guru dan siswa, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Validasi dilakukan oleh dua ahli media dan tiga ahli materi, kemudian diuji cobakan pada siswa kelas VI di SD Negeri 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media AR 3D yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak berdasarkan penilaian para ahli, praktis berdasarkan respon pengguna, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR dalam pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman konsep secara visual, dan mendukung pembelajaran yang lebih bermakna di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...